install antivirus clamav pada ubuntu 9.04

bertindak sebagai root

root@muzakkir-laptop:~#apt-get install clamav clamav-daemon clamav-freshclam

jika sudah selesai maka anda bisa melakukan scan secara text, namun jika anda menginginkan aplikasi scanner virus muncul pada panel (fronted), maka anda harus menginstall clamtk

download terlebih dahulu clamtk dari sumbernya

root@muzakkir-laptop:~# wget http://puzzle.dl.sourceforge.net/sourceforge/clamtk/clamtk_3.05-1_all.deb

selanjutnya instalasi dengan dpkg -i

# dpkg -i clamtk_3.05-1_all.deb

jika anda dapat error ….tdk usah kaget…. cukup anda menuliskan baris berikut untuk menyempurnakan instalasi

#apt-get -f install

jika sudah selesai… sebaiknya melakukan update terhadap engine yang digunakan..caranya :

#apt-get update

dan # apt-get upgrade

maka clamtk 3.05-1 akan terganti dengan clamtk 4.05-1

untuk melakukan scan dari fronted, maka klik application —>system tools—->virus scanner

6 Tanggapan

  1. mantap

  2. saya baru saja menginstall ubuntu 9.04 di pc saya, bisakah saya mendapat pencerahan yang lebih mendetail karena dengan membaca ulasan diatas masih bingung, terimakasih

  3. Wah…makasih ya pencerahannya…

  4. Thanks banget nih mas, saya terbatu sekali, karena sudah install tapi nggak muncul, setelah ikutin tutorial ini muncul dan sukses, tq banget

  5. trimakasih boszz..

    SANGAT DIREKOENDASIKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: